November 18, 2018

Tips Menghemat Biaya untuk Membeli Hewan Qurban di Pasaran

Tips Menghemat Biaya untuk Membeli Hewan Qurban di Pasaran

Harga hewan qurban yang terus menanjak dari tahun ke tahun membuat sebagian orang seringkali gentar untuk melakukan qurban. Alasannya apalagi kalau bukan takut kalau biaya yang dimiliki tidak mencukupi. Padahal sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa tetap berqurban tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Seperti tips menghemat biaya qurban seperti ini.

  1. Membeli Sapi Secara Patungan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli sapi secara patungan. Dengan tips ini pastinya dana yang dikeluarkan dapat lebih dihemat dan juga tidak terlalu memberatkan Anda. Soalnya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa sapi memang dibanderol dengan harga yang tidak murah dan juga harganya meningkat setiap tahunnya.

Apabila Anda merasa bahwa harga dari sapi terlalu berat untuk dipikul sendirian maka Anda bisa membelinya bersama dengan orang lain. Dengan patungan ini maka Anda bisa menghemat ketika membeli hewan qurban. Hanya saja memang benar bahwa hewan qurban yang bisa dibeli dengan cara patungan hanyalah sapi. Selain sapi maka tidak bisa dibeli dengan patungan.

  1. Gunakan Sistem Bagi Hasil

Cara berikutnya yang tergolong jitu supaya Anda bisa membeli hewan qurban dengan harga murah adalah dengan menggunakan sistem bagi hasil. Untuk yang dimaksud dengan sistem bagi hasil adalah Anda membeli hewan yang masih berusia kecil dan kemudian diserahkan pada orang untuk dirawat. Nantinya ketika hewan sudah dewasa baru melakukan bagi hasil.

Dengan melakukan tips ini maka Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk keperluan qurban nantinya. Hanya saja untuk mereka yang tertarik menggunakan tips ini memang dibutuhkan kesabaran yang tidak sebentar. Soalnya waktu untuk merawat hewan tersebut tentunya tidaklah sebentar. Namun semuanya akan seimbang dengan hasilnya nanti.

Bisnis Sapi Kurban

  1. Pilih Pedagang yang Memiliki Serfitikat

Mungkin masih belum banyak orang yang tahu bahwa para pedagang hewan qurban diwajibkan memiliki sertifikat pada hewan yang dijual. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti bahwa hewan yang dijual memiliki kualitas baik dan harga sesuai yang dianjurkan pemerintah. Hal tersebut tentunya dilakukan semata-mata demi melindungi hak dari konsumen.

Jadi bagi Anda yang ingin membeli hewan qurban yang lebih murah di pasaran maka pilihlah pedagang yang memiliki sertifikat ini. Jadinya Anda tidak perlu berhadapan dengan pedagang yang seringkali seenak sendiri membanderol hewan qurban dengan nilai yang tinggi. Pastinya hal ini akan lebih memudahkan dan juga menghemat pengeluaran Anda sebagai pembeli.

  1. Gunakan Cicilan

Terakhir adalah dengan menggunakan cicilan yang sekarang ini populer di kalangan banyak pihak. Anda bisa memilih program cicilan yang memang dikhsusukan untuk membeli hewan qurban. Anda cukup menyisihkan sebagian pendapatan dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Nantinya apabila sudah terkumpul maka bisa digunakan untuk membeli qurban.

Hanya saja sebelum melakukan proses cicilan, Anda sebaiknya berjaga-jaga dengan tingkat peningkatan harga hewan untuk qurban. Biasanya tingkat peningkatan harganya per tahunnya mencapai 10%. Jadi sebaiknya Anda menambahkan 10% tersebut dengan harga hewan untuk qurban yang sekarang ini ada di pasaran. Supaya jumlah cicilan Anda sesuai dengan harga qurban.

Jadi menghemat biaya untuk bisa membeli hewan qurban untuk momen Idul Adha bukanlah sesuatu yang sulit. Terutama apabila Anda melakukan tips-tips yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itulah, penting agar jangan terlalu gegabah dalam membeli hewan qurban karena mengingat harga hewan qurban yang seringkali tidak menentu dan bahkan mahal.

shares