6 Kuliner Malam di Bandung yang Mesti Anda Coba

5 Makanan yang Bikin Anda Rindu ke Bandung

Bandung sampai sekarang masih jadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang, terutama mereka yang tinggal di Jakarta. Daya tarik kota yang dikelilingi bukit itu memang cukup banyak, bukan cuma soal keindahan alam dan kesegaran suasananya saja, tapi juga karena banyaknya ragam kulinernya yang begitu melimpah.

Sudah tentu berkunjung ke kota ini akan membuat Anda mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus, yakni liburan nikmat dan perut yang selalu puas menyantap makanan enak. Kuliner ini pun sangat variatif, Anda bukan cuma bisa mencicipi di siang hari, tapi juga di malam hari.

Perjalanan ke Bandung sendiri termasuk mudah. Namun, Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang jauh lebih murah.

Pastinya begitu sampai di Bandung, jangan lupa untuk segera mencicipi kuliner malam hari ini.

  1. Zona Merah Sukajadi

Malam hari di Bandung tak lepas dari keramaian jajanan kuliner. Ketika sebagian besar toko mulai tutup, warung makan khas Sunda bernama Zona Merah Sukajadi ini justru baru mulai buka. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di trotoar pinggir jalan, tepat di depan sebuah toko percetakan.

Tempatnya memang tidak istimewa, namun apa yang tersaji di depan mata rasanya bagaikan surga kuliner.  Anda bisa menemukan macam-macam menu di sini, mulai dari aneka jenis ikan, ayam, cumi, jeroan, sate, pepes, sayur, gorengan, tumisan, dan banyak lainnya.

Anda tak perlu khawatir kesulitan mencicipi makanan di sini. Pasalnya, Zona Merah Sukajadi buka sampai pukul 04.00 pagi. Jadi jangan khawatir Anda kehabisan makanan saat lapar tengah malam melanda. Semua lauk tersebut bisa dinikmati dengan nasi putih atau nasi uduk sesuai selera.

  1. Sate Hadori

Jika Anda termasuk penggemar kuliner sate, maka Anda wajib mendatangi tempat yang satu ini saat berada di Bandung. Nama tempat tersebut adalah Sate Hadori. Warung satu ini bisa dibilang sebagai sate paling terkenal di seantero Bandung.

Sebenarnya yang dihidangkan hanya sate biasa, dengan pilihan sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Namun, yang membuatnya terkenal adalah usia warung sate yang tergolong sangat tua. Sate Hadori sudah buka sejak 1952 silam.

Selain sate, Anda juga bisa memesan kambing guling. Porsinya dijamin membuat Anda kenyang dan puas, bahkan tidak mau menambah lagi karena sudah tidak kuat menampung banyak makanan.

  1. Perkedel Bonbon

Perkedel mungkin terdengar biasa, seperti masakan yang bisa dibuat di rumah. Namun, lain halnya dengan perkedel bonbon. Perkedel satu ini begitu terkenal hingga membuat para pembeli berbondong-bondong mengantre. Bahkan meski buka jam 11 malam, biasanya sudah ada antrean mengular sejak satu jam sebelumnya.

Ciri khas perkedel bonbon adalah metode penggorengannya yang masih menggunakan panas dari arang yang dibakar. Kemudian saat disajikan, Anda bakal mendapat sambal ulek. Jika kombinasi tersebut masih dirasa kurang, maka Anda bisa menambahnya dengan nasi, sayur, dan lauk lainnya. Cicipi selagi hangat. Perkedelnya garing di luar dan lembut di dalam.

  1. Nasi Kalong

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini baru buka saat matahari mulai terbenam atau sekitar jam 7 malam. Nasi tersebut berupa beras merah yang salah satu bumbunya menggunakan kluwek, sehingga berwarna hitam.

Anda bisa memilih hidangan nasi ini dengan sejumlah lauk-pauk dan sayur-mayur seperti oseng buncis, kacang panjang, tempe, tahu, dan ayam goreng. Pilihannya banyak dan beragam. Pastikan untuk mengambil secukupnya yang sesuai selera, jangan kebanyakan.

  1. Ronde Alkateri

Di tengah udara Bandung yang dingin di malam hari, Anda akan membutuhkan minuman hangat. Dan salah satu pilihan terbaik Anda di Kota Parahiangan ini adalah wedang ronde. Adapun minuman ini berupa sari jahe yang dipadukan dengan ronde (kue bulat) berisi gula merah dan kacang.

Jika Anda penggemar hidangan hangat seperti ronde, maka sebaiknya Anda mencoba Ronde Alkateri. Bisa dibilang, Ronde Alkateri merupakan penjaja ronde paling terkenal di seantero Bandung karena sudah ada sejak tahun 1950-an.

shares